Tao Silalahi, The Other Side of Danau Toba

Tidak banyak orang yang mengetahui Tao Silalahi, kecuali dari daerah sekitar. Tao Silalahi adalah bagian lain dari Danau Toba yang terletak di Desa Silalahi, Kabupaten Dairi. 
Tapi Tao Silalahi bukan tempat yang baru bagi kami sekeluarga, setiap tahun biasanya Orang tua saya dan rombongan Gereja merayakan Natal disini. aneh ya?.. biasanya Natal dirayakan di gedung ato Gereja, tapi kok ya ini di Danau?.. katanya siy biar bisa merayakan kebesaran ciptaan Tuhan, and yess, kami jadi ketagihan.. hahaha..
Tao Silalahi, diambil dengan Pocket Camera oleh potograper abal2

Dimana sih itu Tao Silalahi?.. 
Seperti yang saya sebutkan di atas, nah.. kalau kamu dari Medan, kamu bisa mengendarai Mobil kira - kira 4 jam untuk tiba di Desa Silalahi.
Kalau menggunakan kendaraan umum, ada beberapa kendaraan umum jurusan Sidikalang dari Medan yang bisa kamu tumpangi, misalnya : Sampri, Datra, BTN etc. Saya kurang pasti kamu bisa turun dimana, yang pasti kamu harus berganti kendaraan, jadi pastikan kamu sampaikan kepada Sopir tujuannya kemana, nanti Pak sopir akan turunkan di mana kamu mengambil angkutan selanjutnya.
saran saya sih, berangkatlah sepagi mungkin, kendaraan umum yang tadi saya sebutkan berangkat mulai pukul 3.30 am dari Medan loh..
Oya, selain yang tadi saya sebutkan ada juga travel menuju sidikalang dengan kendaraan yang lebih nyaman, jumlah penumpang lebih sedikit dan cencunya lebih mahal sedikit. 

Emang ada apa disana?
Ada danau (hahaha.. kemudian ditimpuk laptop.. )
Selain danau yang cantik jelita itu, bagi saya yang menarik dari tempat ini adalah sejarahya, di pinggir danau ini terdapat sebuah Tugu Silalahi yang menunjukkan kekerabatan marga Silalahi. Hal ini menarik bagi saya, namun sayangnya Tugu ini masih kurang perawatannya, dan akan lebih baik kalau Tugu ini juga dilengkapi dengan museum sehingga pengunjung mendapat pengetahuan lebih.

Terdapat juga beberapa penginapan disini, dengan tarif yang tidak terlalu mahal.
Sayangnya, atraksi hiburan masih kurang disini, jadi kalau kami kesana biasanya hanya untuk menikmati keindahan alam, berenang di danau, berkeliling danau dengan Ferry dan tentunya menikmati ikan bakar dengan sambel khas nya yang yummy...

 
Keliling danau dengan Ferry Boat ini seru juga
Andaikan saja lebih banyak atraksi yang disediakan disini, misalkan water park atau yang lainnya. semoga saja dapat terwujud suatu hari nanti.





Comments