Wisata Seru dalam Enam Jam di Utara Yogyakarta

Yogyakarta memang tidak ada habisnya kalau menyangkut tempat wisata. Selalu ada tempat baru yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu hanya punya waktu yang terbatas untuk berwisata di Yogyakarta, sebaiknya cari tempat wisata yang searah sehingga tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Berikut panduan tempat yang bisa dikunjungi dalam waktu kira - kira enam jam saja.
Hobbit House - Cangkringan


Kopi Klotok
Perjalanan kita mulai dari Kopi Klotok untuk makan pagi atau brunch. Tempat ini kemahsyurannya sudah sampai kemana - mana. Tempat makan yang memang seperti makan di rumah sendiri.
Makanan yang disediakan pun makanan kampung khas Jawa yang mengingatkan saya jaman KKN di Desa di Boyolali beberapa tahun yang lalu. Meskipun makanan desa, tapi kelezatannya jangan ditanya. Uenakkk bangett... Belum lagi hamparan sawah di belakang rumah yang menambah selera makan. Jangan lupa untuk mencicipi juga pisang gorengnya yang terkenal.
Jangan khawatir soal harga, untuk makan yang sewajarnya (nasi, sayur, ikan, telur dadar, kerupuk, teh hangat dan pisang goreng), saya hanya menghabiskan kira - kira 25 ribu rupiah seorangnya. Sebaiknya hindari mengunjungi tempat ini pada waktu jam makan siang, karena antrian akan luar biasa mengular dan sangat sulit untuk mendapatkan tempat duduk.
Antrian di kopi klotok 
Kopi Klotok Pakem Yogyakarta
Jl. Kaliurang Km 16
Telp : 081222211635
Buka : 07.00 - 22.00

Museum Ullen Sentalu
Setelah mengisi perut di pinggir hamparan sawah yang indah kita menuju ke utara Jogja. Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang unik.Museum ini merupakan salah satu museum yang wajib dikunjungi menurut Lonely Planet dan Trip Advisor.
Museum ini berisi koleksi lukisan dan beberapa koleksi pribadi dari kerajaan Mataram Islam termasuk kumpulan foto, arsip surat dan kain batik. Arsitektur dan lay out museum ini menarik sekali, namun karena ketika saya mengunjungi museum ini kami dipandu tour guide, saya belum sempat melihat - lihat bagian yang menarik dari museum ini. Namun sisi positifnya adalah dengan tour ini saya jadi mendapatkan penjelasan dan pengetahuan baru tentang Kerajaan Mataram Islam yang kemudian terbagi menjadi empat kerajaan dan bagaimana peran mereka masa kini.
Menarik juga melihat bagaimana keluarga kerajaan jaman itu menjalani kehidupan mereka, termasuk bagaimana mereka memadukan fashion tradisional jawa dengan barat. Sebelum mengunjungi museum ini, ada baiknya pastikan dahulu apakah museum buka atau tidak. Kalau tidak salah, museum ini tutup pada hari senin.Tiket masuk ke museum ini sekitar Rp. 30.000,- per orangnya sudah termasuk tour dan minuman tradisional.
Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Jl. Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman DIY
HTM ; Rp. 30.000,- (Domestik)

The Lost World Castle - Hobbit House - Stonehenge Cangkringan
Ketiga tempat wisata ini merupakan destinasi baru yang dikembangkan di desa Cangkringan Kali adem Sleman. Sepertinya pengelola terinspirasi dari beberapa tempat wisata lain di dunia. Untuk menuju kesini kami cukup mengandalkan arahan dari mbak Google Map. The Lost World Castle sendiri merupakan bangunan yang menyerupai benteng atau tembok Cina. Harga Tiket sekitar Rp. 25.000,- per orang dimana di dalam castle terdapat spot foto 3 dimensi.
Setelah mengunjungi Castle kita bisa mengunjungi rumah Hobbit yang terletak di seberang castle. Pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000,- untuk masuk ke area ini. Areal ini cukup unik dan menyenangkan, tidak perlu jauh - jauh ke New Zealand untuk berpose di Hobbit House. Namun sayangnya areal ini masih kurang luas, dengan hanya dua rumah Hobbit saja, pengunjung harus sabar antri untuk mendapatkan spot foto yang diinginkan.
Hobbit House - Cangkringan
Lokasi terakhir yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Stonehenge ala Jogja. Terletak sekitar 500m dari Hobbit House, areal ini merupakan replika dari Stonhenge yang ada di Scotland. Tiket masuk ke  areal ini sekitar 10 - 15 ribu rupiah. Lokasi ini sungguh indah, namun seperti biasa karena terlalu banyak pengunjung, sangat sulit untuk mengambil angle yang pas untuk berfoto. Hal yang paling absurb yang saya temui disini adalah, adanya pengunjung yang membawa masuk motor trail nya ke lokasi wisata ini dan tampaknya pengurus juga tidak bisa berbuat apa - apa.
Stonehenge Cangkringan - Bisa kelihatan motor trailnya kan?
Demikianlah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam enam jam di daerah utara Yogyakarta. Masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dijadikan alternatif, namun untuk wisata dengan waktu terbatas, menurut saya ini sudah cukup memadai. 

Cheers,
-erika

Comments