Jalan - jalan di Malang

Beberapa waktu lalu, saya dan teman - teman mengunjungi Kota dan Kabupaten Malang dalam rangka survey untuk tugas kuliah. Dalam bayangan saya sebelumnya, Malang itu kota yang tenang  dan dingin, ternyata Malang cukup modern dan hangat. Berikut beberapa hal menarik yang saya temukan di Malang.

Bianglala di Alun - alun Kota Batu


Their extremely spicy yet delicious sambal 
Yup.. dari hari pertama menikmati makanan Malang yang sedap, saya selalu menemukan sambal yang pedas banget yang bahkan saya penggemar sambal juga menyerah pada akhirnya. Di hari terakhir, saya berhenti makan sambel hahaha. Sambel yang paling berkesan adalah sambel di Pantai Sendang Biru.

Their extremely delicious food
Makanan Malang ini kayanya cocok banget di lidah saya. Rasanya gurih dan bumbunya lebih berani daripada Jogja, walaupun sambelnya puedess banget. Berikut kuliner Malang yang sempat saya cobain.

  • Nasi pecel : Nasi pecel di Malang ini rasanya wuenakkk banget.. mirip kaya pecel di Medan.. mungkin karena penjual pecel di medan, kebanyakan dari Jawa Timur ya?.. Saya jadi penasaran, klo di Malang aja rasanya udah enak banget, gimana rasanya pecel di Madiun ya?.. 
Nasi Pecel yang hanya Rp. 7.000,- ini enaknya gak nanggung - nanggung

  • Bakso Cak Kar : Bakso ini terletak di Singosari tidak jauh dari Candi Singosari. Tempatnya enak banget, seperti di kompleks perumahan, tapi masih ada sawah di depannya. Baksonya tentu saja enak banget. Favorit saya adalah bakso keju nya.. masih kebayang sampai sekarang.. yummy.. 
  • Rawon di depan Mesjid Baiturrahman Kota Kepanjen : Karena wilayah survey kami adalah Kabupaten Malang, maka kami kebanyakan menjelajah kota Kepanjen ini. Ketika memilih warung ini, kami sih gak berharap banyak ya.. paling so so lah. Tapi setelah nyobain rawonnya, ternyata enak banget, dengan harga yang murah banget hanya Rp. 12.000 per porsi nya. Walaupun dagingnya tidak terlalu banyak, tapi ada menu lauk tambahan kok. Nah.. pas makan ini ada kejadian lucu. Teman - teman dari kelompok lain yang survey di kota Malang mengirimkan bill makan mereka di warung salah satu warung rawon terkenal di Kota Malang, yang totalnya kira - kira 3 kali lipat dari total makanan kami. Sungguh perbedaan lokasi dan popularitas sangat berpengaruh pada harga makanan. 

  • Cwie Mie di Kedai Mie Sutoyo (KMS) : Restoran ini letaknya di Jalan Letjend Sutoyo, di sebelah Hotel Amaris. Tempatnya nyaman dan menyenangkan. Cwie Mie nya wuenak banget menurut saya. Saya pilih mie keriting.. yummy.. 
Cwie Mie di KMS Malang

  • Bebek Sinjay Madura : Lokasinya terletak Jl. Soekarno Hatta di sebuah ruko. Ada di Google Map kok. Ini Bebeknya enakkk banget.. sambelnya muantap banget.. Lagi - lagi saya bertanya - tanya, kalau Bebek Madura yang di Malang aja enaknya minta ampun, gimana yang bener - bener di Madura ya?.. 
Don't judge the Nasi Bebek dari penampilannya.. sumpah ini enak banget

  • Sambal Mak Tin : Letaknya di Jl. Sunan Kalijaga, kawasan mahasiswa sehingga harganya tidak terlalu mahal. Tapi sambalnyaa.. saya minta ampunn... saya ambil sambal teri dan sambal bawang.. I warn you.. the sambal teri is unbeatable... saya bisa minum air segalon abis makan disini. 
Pasar Oro oro Dowo
Kami menginap di sebuah Guest House, tidak jauh dari Pasar ini. Saya bener - bener takjub deh sama pasar ini. Pasarnya bersih, cantik warna - warni, tradisional tapi modern. Pengelola menyediakan trolley untuk dipakai pengunjung. Pasar juga dilengkapi CCTV, jadi mungkin bisa mengurangi resiko copet. Semoga pasar - pasar yang lain mengikuti ya. 

Pasar Oro Oro Dowo Malang, cantik kan?..

Trolleys di Pasar Oro Oro Dowo Malang


Museum Angkut Batu
Saya kagum banget sama pengelolaan Museum angkut yang menurut saya keren banget. Walaupun banyak yang bisa ditingkatkan, tapi menurut saya tiket masuk Rp. 100.000,- worth it lah. Sewaktu memasuki area Chinatown, saya denger ada mba - mba yang jualan rokok, dipikir beneran.. eh.. ternyata akting.. hehehe.. 


Setelah jualan rokok, mbaknya jualan sate.. looks real kan?


Cuma saya malesnya pas saya mw foto sama mba - mba yang berperan sebagai penjual dandang.. eh.. dianya malah pose, padahal kan harusnya dia akting jualan gitu.

Nah.. kalau Mas nya ini serius berakting jual ikan sama ibu nya, padahal itu ikannya boongan :)


Malang City Tour
Seperti Kota - kota lain, Malang juga punya Bus Tour yang keren dan gratis lagi. Kami naiknya dari kantor Satpol PP dekat Balaikota Malang. Udah datang pagi - pagi banget.. eh, katanya bus nya udah di book oleh instansi lain. Tapi kami disuruh menunggu, kalau instansinya tidak datang, maka kami boleh naik. Thanks God, si pemesan tidak datang sampai jam 8.30, jadi kami bisa naik. Seru banget keliling kota naik bus terbuka seperti itu. Sebelumnya teman - teman saya nyoba naik yang pukul 13.30, itu puanass banget. Jadi saya sarankan naik yang pagi aja, mumpung masih seger. 

Malang City Tour Bus


Demikian cerita singkat kunjungan saya di Malang dan sekitarnya, kalau ada waktu berikutnya akan saya tuliskan cantiknya pantai - pantai di Malang Selatan. 

Cheers,
erika. 

Comments

Post a Comment