Tip Top Restaurant Medan

Bagi yang akan mengunjungi kota Medan, pasti akan disarankan untuk mengunjungi restoran ini, karena merupakan salah satu icon kuliner Kota Medan.

Restoran ini terletak di Jalan Jend. A. Yani atau lebih dikenal dengan Jalan Kesawan Medan, di ruas jalan ini juga terdapat salah satu museum yang patut dikunjungi yaitu Museum Tjong A Fie, seperti yang saya tuliskan di sini.  Jalan Kesawan sendiri dulunya sempat menjadi pusat kuliner malam hari di Medan, tapi entah kenapa sekarang tidak lagi, kalau untuk menikmati kuliner yang hip pada malam hari bisa melipir ke Merdeka Walk atau Jalan Selat Panjang yang terkenal dengan Chinese Food nya.

Oke.. kembali lagi ke Tip Top Restaurant.. restoran ini cukup melegenda di Kota Medan, buka sejak tahun 1929 dengan nama Jangkie di Jalan Pandu dan pindah ke Jalan Kesawan pada tahun 1934 dan berganti nama menjadi Tip Top. Banyak tradisi yang masih dipertahankan di restoran ini, kalau penasaran, bisa juga intip dapurnya untuk melihat peraalatan dan cara memasaknya yang masih tradisional, setahu saya kue dan cake nya masih dimasak seperti jaman dulu, begitu juga dengan es krim nya.
Bagi saya enaknya mengunjungi restoran ini untuk ngemil - ngemil cantik, karena untuk makan berat rasanya kurang pas di lidah saya. Tapi sebagai pertimbangan, mereka juga menyediakan makanan berat, Western, Chinese dan Indonesian Food.

Saya biasanya sering bawa teman atau saudara yang dari luar kota untuk pada malam atau sore hari di sini, kalau tidak salah setiap hari rabu malam ada live music yang lumayan menghibur. 
Menu bisa lihat di website nya Tip Top Restaurant di http://www.tiptop-medan.com/menuin.php berikut foto  foto nya yang saya ambil dari website mereka. Untuk makanan utama, saya hanya pernah nyobain beberapa : Bitterballen, yang lumayan enak, Nasi goreng dan I fu mie goreng yang menurut saya biasa saja. 

 
Western Food  - Foto diambil dari Website Tiptop 




Kalau berkunjung kesini, siapkan uang cash ya, setahu saya mereka tidak menerima kartu kredit atau kartu debit. Oya, bakery nya terletak di samping restoran, jadi kalau ingin menikmati cake atau pun roti nya, pesen dulu di bakery, nanti mereka akan anterin ke tempat duduk kita.
Kalau cake nya menurut saya sih biasa juga ya, mungkin karena pengembang dan pelembutnya tidak terlalu banyak ya, malah sehat sebenarnya ya?.. hehehe. Cake dan pastry disini juga masih dimasak dengan tungku kayu bakar.
Moorkop, Bakery dan Es Krim Soda

Cake dan pastry

Moorkop yummy..

Favorite saya kalau ke sini adalah Moorkop, paduan es krim dan bolunya (itu bolu bukan ya?.. )  yummy. Selain itu es krim yang lainnya disini juga patut dicoba. Es krimnya juga masih di proses secara tradisional. Selain Moorkop, saya juga sering pesan es krim soda, walaupun menurut saya masih lebih enak yang di Es Krim Ria, tapi suasana di Tip top restoran beda dengan yang lain.


Tip Top Restaurant
Jl. Jend. A. Yani No. 92 Medan

Cheers,
-erika

Comments